Sabtu, 12 Februari 2011

Recycle

 
    Recycle atau daur ulang, adalah suatu langkah dalam memanfaatkan sampah (barang yang sudah tidak layak pakai) mejadi sesuatu yang lebih bernilai ekonomis. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan dengan benda-benda yang sudah tidak terpakai, yang hanya menumpuk di tempat sampah. Padahal, benda-benda seperti botol bekas, kertas bekas, plastik bekas, kayu bekas, dll, dapat diolah lagi menjadi benda-benda yang lebih bernilai artistik dan ekonomis, salin itu dapat menjadi usaha yang cukup menjanjikan dan dapat mengurangi limbah-limbah yang telah menjadi salah satu dampak dari pemanasan global, sperti plastik-plasik bekas.
   Usaha daur ulang limbah sudah banyak di lakukan oleh para wirausawan kecil, yang sangat kreatif dan inovatif. seperti contohnya usaha daur ulang menggunakan kertas bekas (koran) menjadi bingkai foto yang unik dan indah,. Caranya pun cukup sederhana hanya dengan menyobek-nyobek kertas koran menjadi kecil, lalu di blender, di rendam dan diberi pewarna, lalu di cetak dan di jemur. Dan hasilnya seperti ini:
"Bingkai Foto Dari Koran Bekas"













  Ada pula daur ulang dengan menggunakan bahan dari kaleng bekas, seperti yang telah saya rangkum dari sebuah sumber berikut:

mengubah kaleng bekas menjadi hiasan cantik

"Tempat Pensil Lucu dari Kaleng Bekas"
Bahan: 
-Kaleng bekas
-Cat minyak warna putih
-CatKuas untuk melukis
-Minyak warna-warni
-Pensil
Cara Membuat:
  • Bersihkan kaleng terlebih dahulu, kemudian netralkan warna bagian luar kaleng dengan cat minyak warna putih, untuk mempermudah membuat pola gambar. Lalu keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Setelah cat kering, buatlah gambar di permukaan kaleng dengan pensil sesuai dengan kreatifitas Anda, dan beri warna dengan kuas menurut pola gambar yang sudah Anda buat. Kalau sudah jadi keringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Kaleng-kaleng cantik ini bisa untuk tempat pensil, celengan, hiasan, ataupun sebagai souvenir ulang tahun.
Sumber: http://st289423.sitekno.com/article/24639/mengubah-kaleng-bekas-menjadi-hiasan-cantik.html


   Masih banyak lagi contoh-contoh dari usaha mendaur ulang limbah atau barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan sangat artistik. Dan banyak keuntungan dari mendaur ulang limbah atau barang bekas, seperti dapat membuka lapangan pekerjaan, dan itu artinya dapat menekan angka penganggurang di Indonesia, khususnya di daerah ibukota Jakarta. Dan usaha ini juga dapat mengurangi limbah atau sampah yang selalu menjadi alasan utama bencana banjir., selain itu mendaur ulang barang bekas juga dapat mengasah kreatifitas seseorang dalam berimajinasi.

Jadi, manfaatkanlah dan asahlah kreatifitasmu, dengan sesuatu yang ada di sekelilingmu. Jadilah seseorang yang bijaksana, dan mau peduli dengan lingkungannya. Yakinlah, sesuatu yang baik, akan menghasilkan buah yang baik juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar